logo


Alasan Kenapa Kamu Wajib Mengunjungi Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy

14 Mei 2017 - 16:05:04 WIB - Penulis : Redaksi

Jembatan Gentala Arasy yang merupakan salah satu ikon dari kota Jambi. (istimewa)


Kartika Dewi TM

            Selain mempunyai Bapak Gubernur yang gantengnya level uunch *kedip-kedip ke Zumi Zola, Jambi juga memiliki beraneka tempat wisata yang sama mempesonanya dengan si Abang sayang. Salah satu destinasi wisata tersebut, yang juga merupakan salah satu ikon dari kota Jambi adalah Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Sebenarnya ada dua objek di lokasi ini, yaitu menara Gentala Arasy dan Jembatan Pedestrian. Tapi kebanyakan orang-orang menyebutnya jembatan Gentala Arasy .

            Jembatan Pedestrian sendiri merupakan jembatan untuk pejalan kaki. Bentuknya yang menyerupai huruf “S” ini terbentang berkelok-kelok di atas sungai Batanghari yang kira-kira panjang jembatannya sekitar 530 meter. Itu panjang jembatannya, kalau panjang sungai Batanghari berapa ya? Saya pribadi tidak tahu pasti berapa panjang sungai Batanghari, please deh saya belum pernah melalukan riset dan mengukur langsung Jok. Yang jelas lumayan panjang, sepanjang cinta saya kepada dia.

            Di salah satu ujungnya, tepatnya di Seberang kota Jambi, dibangun menara. Oleh Pemerintah menara tersebut diberi nama Gentala Arasy yang merupakan kependekan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti. Abdurrrahman Sayoeti adalah mantan gubernur Jambi yang  lahir di daerah ini. 

            Setelah beberapa kali ngebolang dan pecicilan manjah ke jembatan Gentala Arasy, saya bisa menyimpulkan kenapa kamu wajib banget loh berkunjung ke sini. Berikut analisa dari pengamat pariwisata KW9.

Lokasi Favorit untuk Berwisata Bersama Keluarga

Jangan galau dan bingung untuk memutuskan mau dibawa ke mana keluarga kita, ketika libur tlah tiba libur tlah tiba. Jembatan Gentala Arasy adalah pilihan yang tepat.

Orait beibeh, di jembatan ini kamu dapat berjalan-jalan sambil menikmati lalu lalang kapal (oleh masyarakat sekitar disebut getek) yang ada di sungai Batanghari. Jika kamu ingin merasakan naik kapal mengitari sungai Batanghari, kamu dapat menyewa berbagai macam kapal yang ada di pinggiran sungai Batanghari. Lalu menikmati Jembatan Gentala Arasy via jalur sungai. Ahh sungguh pilihan yang cocok bagi saya, mengingat saya adalah sosok perempuan yang sangat suka menantang bahaya dan memacu adrenalin. Lagipula, saya juga sadar, bahwa nenek moyang saya adalah pelaut, bukan supir travel.

Tamasya Sambil Belajar

Menara Gentala Arasy sendiri merupakan sebuah museum yang menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di kota Jambi. Sehingga berfaedah sekali untuk muda-mudi Jambi. Jangan lupakan sejarah kota kelahiran ya. Cukup lupakan saja masa lalumu yang abu-abu keruh, sekeruh air sungai Batanghari.

Gratis Jok

Siapa sih yang nggak suka gratis? Saya sih udah nggak suka lagi sama gratis, tapi udah cinta mati III deh #MentalMahasiswa. Nah kebetulan untuk mengunjungi jembatan Gentala Arasy sendiri tidak dikenai biaya. Kabar bahagia sekali bukan untuk pemburu kegratisan garis keras.

Eh tapi kalau kamu ingin menyewa getek tetap harus mengeluarkan uang. Soalnya terakhir saya ke sana si Abang tukang sewa geteknya tetap ingin dibayar pake uang, tidak mau dibayar pake cinta.

Mari Makan

Jangan takut kelaparan jika kamu berkunjung ke jembatan Gentala Arasy. Ada banyak sekali penjual makanan yang berlomba-lomba untuk menggoda. Beraneka menu menggiurkan yang bisa kita santap. Mau makan nasi ada. Makan mie ada. Makan perasaan juga ada. Eh kalau mau makan perasaan nggak perlu jauh-jauh ke sini, cukup di kamar kost aja sambil melihat teman baru ngeupload foto sidang sarjananya #IyaSayaCurhat. 

Menu yang paling favorit di sini adalah jagung bakar dan es tebu. Memakan jagung bakar sendiri akan lebih nikmat di saat senja tiba. Kamu akan disuguhi pemandangan langit yang kemerahan menjadi latar belakang sungai Batanghari dan jembatan. Apalagi jika ditemani dengan sang kekasih hati, inget loh ya kekasih bukan Sebastian (sebatas teman tanpa kepastian).

Fotografer Wajib Datang ke Sini

Buat anak Instagram, kalian kudu banget ke sini. Lokasinya yang eksotis dan ala-ala Eropa benar-benar kombinasi yang pas buat dijadikan tempat berpose. Saya pernah berkunjung ke jembatan Gentala Arasy ketika Jambi diserang Negara Api (Baca:kabut asap), dan karena level narsis saya sudah stadium akhir saya tetap berpose di tengah pekatnya udara. Anda tahu sodara-sodara, hasilnya sangat mengejutkan. Di foto, saya seperti tidak berada di Jambi melainkan di Venice, Italia. Aura Eropanya benar-benar terasa sekali. Duhh seketika saya merasa jadi pacarnya pemain AC Milan #KhayalanTingkatTinggi.

Nyari Jodoh

Jodoh adalah perkara penuh misteri. Siapa, kapan, bagaimana, di mana datangnya adalah teka-teki Ilahi. Yang terpenting selalu berikhtiar dan bermunjat kepada yang maha pembolak-balik hati, bukan begitu Mamah Dedeh?

See tidak ada salahnya kamu mencoba peruntungan di jembatan gentala Arasy.  Mengingat ada banyak muda-mudi yang piknik, mulai dari Ayuk-ayuk cantik, Dedek-dedek gemes, Babang-babang uunch, dan cabe-cabe-an pedes sepanjang masa . Well buat para jomblo yang sudah kebelet mengakhiri masa kesendiriannya, selamat berburu tulang rusukmu yang belum terdeteksi keberadaannya ya.  

           Nah itu dia beberapa alasan kenapa jembatan Gentala Arasy itu istimewa sekali dan juga harus kamu kunjungi. Sungguh, suatu saat jika kamu mampir ke Jambi maka kamu wajib berkunjung ke Gentala Arasy. Siapa tahu nasib kamu lagi mujur, bisa ketemu Abang sayang Zola atau Pak Fasha yang lagi inspeksi mendadak kan ya. Mau siang atau malam jembatan Gentala Arasy tetap berkesan. Kalau saya sih sukanya malam-malam, kalau malam kan bisa main gelap-gelap’an. Ya walau nenek bilang itu bahaya, berbahaya.

         Jika kemaren pas nulis tema pertanian saya minta didoakan agar menjadi Menteri Pertanian, sekarang karena menulis soal pariwisata maka saya minta didoakan agar diangkat menjadi Menteri Kepariwisataan oleh Pakde Jokowi. Sekali lagi, ayo aminkan bareng-bareng.

*Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jambi yang kelebihan hormon ceria. Sangat bahagia jika didoakan menjadi Menteri dan cepat lulus kuliah.

Tag:

Komentar

×
×